Senin, 24 Maret 2014

Pengantar Sistem Informasi Manajemen


Terdiri dari kata 'Sistem', 'Informasi', dan 'Manajemen'. 
mari kita bahas lebih lanjut . . . . . . . . 

Sistem adalah sekelompok elemen - elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan - keputusan yang sekarang atau keputusan - keputusan yang akan datang.
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Jadi, Sistem Informasi Manajemen (SIM) itu adalah sistem terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan operasional, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. SIM terdiri dari berbagai sub sistem informasi yang saling mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk menghasilkan output yang berguna untuk mengelola kegiatan manajemen sebuah perusahaan.

Perkembangan SIM
Sebelum pertengahan abad ke-20, pada masa itu masih digunakan kartu punch, pemakaian komputer terbatas pada aplikasi akuntansi yang kemudian dikenal sebagai sistem informasi akuntansi. Pada tahun 1964, komputer generasi baru memperkenalkan prosesor baru yang menggunakan silicon chip circuitry dengan kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Untuk mempromosikan generasi komputer tersebut, produsen memperkenalkan konsep sistem informasi manajemen dengan tujuan utama yaitu aplikasi komputer adalah untuk menghasilkan informasi bagi manajemen. Konsep SIM ini dengan sangat cepat diterima oleh beberapa perusahaan dan institusi pemerintahan dengan skala besar seperti Dep. Keu.

* Sementara konsep SIM terus berkembang, Morton, Gorry, dan Keendari Massachussets Institute of Technology (MIT) mengenalkan konsep baru yang diberi nama Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems - DSS). DSS adalah sistem yang menghasilkan informasi yang ditujukan pada masalah tertentu yang harus dipecahkan atau keputusan yang harus dibuat oleh manajer.

Adapun tujuan dari SIM, yaitu :

  1. Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen
  2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan
  3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan
Komponen SIM adalah seluruh elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen ini terbagi menjadi 2, yaitu komponen SIM secara fungsional dan SIM secara fisik (lihat gambar dibawah)


Penjelasan gambar diatas . . . . . . 
  1. People Resources (SDM), dibutuhkan untuk pengoperasian semua sistem informasi yang meliputi pemakai akhir yaitu orang-orang yang menggunakan SI & pakar SI yaitu orang-orang yang mengembangkan dan mengoperasikan SI.
  2. Software Resources (SDS), meliputi semua rangkaian perintah pemrosesan informasi.
    Contoh :
    - Software sistem -> program sistem operasi yang mengendalikan & mendukung operasi sistem komputer
    - Software aplikasi -> memprogram pemrosesan langsung bagi pengguna tertentu komputer oleh pemakai akhir
    - Prosedur -> mengoperasikan perintah bagi orang - orang yang akan menggunakan SI
  3. Hardware Resources (SDH), meliputi semua peralatan dan bahan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi.
    Contoh :
    - Sistem Komputer -> terdiri dari unit pemrosesan pusat yang berisi pemrosesan mikro dan berbagai peralatan periferal yang saling berhubngan
    - Periferal komputer -> berupa peralatan seperti keyboard, mouse elektronik, layar video, printer, dll
  4. Network Resources (SDN), menekankan bahwa teknologi informasi dan jaringan adalah komponen sumber daya dasar dari semua sistem informasi (meliputi : media komunikasi & dukungan jaringan).
  5. Data Resources (SDD), dapat berupa data alfanumerik (angka & huruf), teks (kalimat), gambar (bentuk grafik & angka, gambar video), dan audio (suara).
  6. Control of System Performance, pengendalian kinerja sistem diperlukan agar SI menghasilkan output yang sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan.
  7. Input of Data Resources, pemrosesan data menjadi informasi yang biasanya bergantung pada aktivitas pemrosesan (perbandingan, perhitungan, penilaian, pengklasifikasian, dan pengikhtisarian).
  8. Output of Information Products, informasi dalam berbagai bentuk yang dikirim ke pemakai akhir.
  9. Storage of Data Resources, aktivitas SI untuk tempat data dan informasi disimpan secara teratur utnuk digunakan kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar